5 Aplikasi Launcher Android Terbaik

5 Aplikasi Launcher Android Terbaik

Salah satu keunggulan sistem operasi Android adalah fleksibilitasnya untuk diubah tampilannya sesuai dengan keinginan pengguna. Nah, setiap pengguna smartphone biasa nya ingin memiliki aplikasi android terbaik untuk menjadikannya tampilan smartphone menjadi lebih terlihat canggih dan juga modern.

Menyoal ubah-mengubah tampilan di Android, ada banyak aplikasi launcher yang bisa merombak tampilan homescreen supaya lebih ciamik dipandang, bahkan bisa meniru tampilan smartphone flagship seperti Google Pixel, Samsung Galaxy series, sampai iPhone sekalipun.

Untuk kamu yang ingin mengubah tampilan homescreen, berikut 5 aplikasi launcher Android terbaik yang bisa kamu coba.

1. Action Launcher – Punya banyak opsi pengaturan tampilan

Action Launcher banyak difavoritkan pengguna Android yang terbukti dari jumlah instalasi sebanyak 10 juta lebih di Play Store. Apa yang menarik dari Action Launcher adalah opsi pengaturan tampilan serta semua fitur yang ada dalam Pixel Launcher yang digunakan lini smartphone Google Pixel.

Action Launcher mendukung ikon customized dengan icon pack favorit kamu, berikut dengan segudang setelan lain dari tampilan sampai gestur jari di homescreen yang bisa kamu atur sesuka hati. Launcher ini menghimpun semua keunggulan yang ada pada launcher Android Oreo dan Pixel, tanpa perlu membeli Google Pixel.

2. Nova Launcher – Ragam pilihan gestur jari di layar utama

Salah satu custom launcher dengan instalasi sebanyak 50 sampai 100 juta, Nova Launcher adalah pilihan terpopuler di kategori kustomisasi. Nova Launcher menawarkan serangkaian fitur yang sepenuhnya bebas untuk kamu implementasi.

Salah satu fitur istimewanya adalah custom gesture, di mana kamu bisa mengatur ‘aksi’ tertentu misal menjalankan satu aplikasi hingga mengakses Google Assistant yang dipicu gestur jari di homescreen.

Beberapa highlight lain dari Nova Launcher: Custom icon: Mendukung implementasi ikon pihak ketiga, Night mode: Mengubah warna menjadi gelap ketika malam, dan Custom folder: Pengelompokan aplikasi sesuai dengan keinginan kamu.

3. Microsoft Launcher – Integrasi maksimal dengan aplikasi Microsoft

Berawal dari nama Arrow Launcher, aplikasi ini sudah melalui banyak tahap perombakan dari Microsoft. Custom launcher yang satu ini dibuat untuk memberikan integrasi yang baik antara smartphone Android kamu dan Windows desktop. Fitur utama yang patut kamu ketahui adalah, kamu bisa mengambil foto di smartphone dan melihat hasil fotonya di Windows desktop kamu.

Tambahan menarik lainnya adalah kemampuannya ‘mengirim’ URL dari smartphone ke Microsoft Edge di Windows desktop kamu, jadi tidak perlu lagi mengetik ulang URL.

Beberapa highlight dari Microsoft Launcher: Personalized feed: Berbagai update terkini dari topik yang kamu ikuti, Custom gesture: Beberapa pilihan gestur untuk interaksi tambahan seperti mengunci layar, membuka aplikasi tertentu, dan lain sebagainya.

4. Evie Launcher – Antarmuka terfokus ke aplikasi yang sering kamu pakai

Launcher berikutnya adalah Evie, yang bisa jadi ruang berkreasi kamu di homescreen sesuai dengan keinginan. Evie Launcher memiliki ukuran instalasi yang kecil, dengan pengoperasian yang ringan di smartphone dengan RAM rendah, namun kaya akan fitur kustomisasi.

Yang paling oke dari Evie Launcher adalah tidak ada fitur yang “dikunci”, sebab Evie Launcher sepenuhnya gratis dengan semua fitur yang bisa kamu akses tanpa perlu membeli.

5. Lawnchair Launcher – Mirip Pixel Launcher, dengan setelan ekstra

Punya nama unik dengan 2 kata yang memiliki pengucapan yang sama, Lawnchair Launcher mengekstrak semua fitur Pixel Launcher dan mengkombinasikannya dengan fitur ekstra yang tidak ditemui di Pixel Launcher. Lawnchair Launcher menyediakan umpan Google yang bisa diakses dengan menggeser homescreen ke kiri, yang akan memberikanmu update berita dan cuaca.

Bonus rekomendasi: CPL & Rootless Launcher

Banyak dari pengguna smartphone Android yang ingin mencapai simplisitas dari homescreen yang dimiliki seri smartphone Google Pixel. Selain Lawnchair yang dapat mereplikasi tampilan home screen layaknya Google Pixel, berikut 2 alternatif launcher lain yang bisa kamu coba:

CPL (Customized Pixel Launcher) – Kustomisasi lebih untuk tampilan stock Android

CPL atau Customized Pixel Launcher berawal dari proyek iseng seorang pengembang dengan alias whataudoinghere yang berkolaborasi dengan Amir Zaidi, di mana ia berkeinginan untuk mendapatkan tampilan home screen layaknya smartphone Google Pixel yang bersih dan ringkas.

Aplikasi launcher yang dikembangkan secara sumber terbuka (open-source) ini banyak difavoritkan sebab menawarkan tampilan bersih khas Google Pixel, tetapi dengan fitur kustomisasi ekstra seperti dukungan icon pack pihak ketiga, hingga dukungan Google Now feed serta widget At a Glance di homescreen.

Rootless Launcher – Pilihan terbaik untuk yang ingin tiru tampilan Google Pixel

Rootless Launcher bisa jadi salah satu custom launcher yang banyak difavoritkan sebab selain dikembangkan secara open-source, aplikasi ini kerap mendapat pembaruan secara periodik dengan fitur-fitur baru yang terus diuji coba. Aplikasi ini dikembangkan oleh salah satu pengembang kenamaan XDA Forum, Amir Zaidi.

Rootless Launcher dapat sepenuhnya mereplikasi tampilan homescreen dari seri smartphone Google Pixel, dengan fitur utama seperti search bar di bagian dock, dukungan icon pack, adaptive icon, dan wallpaper Google Pixel.

Dengan deretan rekomendasi launcher diatas, kini kamu bisa merombak tampilan homescreen agar tidak lagi membosankan. Mulai dari launcher yang paling sederhana, ukuran instalasi paling kecil, sampai yang berfitur lengkap seperti Nova Launcher bisa jadi opsi kamu untuk mempercantik tampilan layar utama Android-mu.

Nah, setelah kamu melihat beberapa aplikasi android terbaik diatas. Jangan lupa untuk menginstalnya dan jadikan smartphone lebih berkesan, semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *