Inilah Efek Samping Masker Kopi yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakan

Inilah Efek Samping Masker Kopi yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakan

Tidak hanya sebagai minuman yang memberi kenikmatan rasa, akan tetapi kopi juga bisa digunakan sebagai masker yang memberikan manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Banyak sumber yang menyebutkan tentang manfaat kopi sehingga banyak orang mulai penasaran tentangnya. Akan tetapi dari semua manfaatnya tersebut, menyimpan beberapa pertanyaan apakah efek samping masker kopi ada atau tidak? Untuk penjelasan lengkapnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Efek Samping Masker Kopi

Selain banyak yang mempercayai khasiat dari masker kopi apabila digunakan untuk wajah. Namun, ada beberapa yang masih meragukannya dan malah menyangka kalau masker ini bisa menimbulkan efek samping.

Hal ini wajar saja karena setiap perawatan kulit tentu mempunyai kekurangannya, bahkan pada perawatan yang paling mahal sekalipun. Apalagi jika perawatannya menggunakan kopi dimana bahan ini sangat murah dan mudah untuk didapat.

Apakah Kandungan Kafein dapat Mempengaruhi Kondisi Kulit?

Kita semua tentunya sudah tahu kalau kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi di dalamnya. Berdasarkan data pencarian di halaman penelusuran google, dalam 100 gram kopi memiliki kandungan sedikitnya 40 mg kafein. Angka yang cukup tinggi untuk takaran kopi yang sedikit.

Kafein merupakan dehidrator, artinya dapat membuat kulit kekurangan cairan dan menjadi lebih kering. Ketika Anda memakai masker kopi, efek dehidrasi akan terasa dan akan lebih parah pada jenis kulit kering.

Namun, hal ini tidak terjadi pada semua orang, hanya pada kondisi kulit yang benar-benar kering saja yang dapat merasakan efek samping satu ini. Anda bisa memakai pelembab kulit setelahnya kalau merasakan kulit yang kering.

Tidak hanya sebagai dehidrator, kafein juga dapat mempengaruhi kondisi kulit berjerawat. Kopi juga bisa memperburuk kondisi jerawat meskipun tidak menjadi penyebab utama munculnya jerawat.

Hal ini dapat diartikan kalau efek samping masker kopi yang memiliki kafein di dalamnya bisa menyebabkan jerawat yang semakin besar, kulit pada area jerawat yang terasa meradang dan sakit serta kulit wajah yang semakin sensitif.

Apakah Kopi bisa Menyebabkan Alergi pada Kulit Sensitif?

Sebenarnya masker kopi tidak mempunyai pengecualian untuk digunakan pada jenis kulit yang tertentu saja, melainkan masker ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit baik itu kering, berminyak atau kombinasi.

Hanya saja kurang dianjurkan untuk kondisi kulit yang sensitif karena dapat memicu alergi yang menyebabkan kulit menjadi iritasi, kemerahan atau gejala yang lainnya. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengetahui apakah kulit Anda sensitif atau tidak, agar bisa menghindari efek samping yang satu ini.

Apakah di benak Anda bertanya kalau begitu pemilik kulit sensitif tidak boleh memakai masker kopi? Sebenarnya tidak juga. Boleh – boleh saja memakai masker biji-bijian alami ini asalkan Anda tidak terlalu sering dalam menggunakannya. Disarankan hanya menggunakannya antara 1-2 kali saja dalam seminggu.

Akan tetapi, apabila Anda masih ragu akan hal ini, maka Anda bisa langsung tanyakan pada dokter terkait agar merasa lebih aman dan tidak ada keraguan lagi untuk memakainya.

Nah, itulah efek samping masker kopi yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *