Kurang Darah? Berikut Makanan Penambah Darah Paling Ampuh

Makanan penambah darah perlu untuk dikonsumsi oleh para pasien anemia agar jumlah darah mereka kembali normal. Anemia atau dikenal dengan kurang darah merupakan kondisi dimana sel darah merah yang terdapat didalam tubuh menunjukkan jumlah yang tidak semestinya. Kekurangan darah ini sendiri ternyata diakibatkan karena banyak hal termasuk kebiasaan gaya hidup yang tidak bagus.

Anemia sendiri ternyata mampu menyebabkan oksigen yang terdapat didalam tubuh menjadi kurang sehingga oksigen yang akan masuk ke otak pun juga kurang. Tidak heran jika penderita anemia biasanya akan merasakan sakit kepala, pusing bahkan mudah untuk mengantuk. Kondisi seperti ini jelas membuat para pasiennya tidak nyaman bukan.

Makanan penambah darah paling ampuh

Makanan Penambah Darah untuk yang Kurang Darah

Selain memeriksakan kondisi anda dengan dokter, anda pun bisa mengatasi penyakit ini dengan mengkonsumsi makanan penambah darah. Ada berbagai macam makanan yang mampu menambah jumlah darah yang terdapat pada tubuh anda. Tetapi makanan yang paling disarankan untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B yang tinggi.

Apabila kondisi anda belum parah, maka kami menyarankan anda untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa menambah darah. Langsung saja berikut ini penjelasannya.

  1. Kacang hijau

Kacang hijau ini ternyata dipercaya mampu menjadi makanan penambah darah yang paling ampuh. Hal ini bukan tanpa alasan karena kacang hijau sendiri mempunyai kandungan berupa asam folad dan vitamin B9 dimana mampu meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah yang terdapat pada tubuh anda. Selain itu, kacang polong juga mempunyai nutrisi yang baik.

  1. Daging merah

Selain itu, pasien kurang darah biasanya juga akan disarankan untuk mengkonsumsi daging merah lebih sering lagi. Daging merah sendiri mempunyai kandungan berupa vitamin B12 dimana akan meningkatkan fungsi sumsum tulang belakang secara tidak langsung akan meningkatkan produksi sel darah merah didalam tubuh.

  1. Kurma

Kurma yang mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi ternyata juga cukup bermanfaat untuk kesehatan anda termasuk mengatasi kurang darah yang kampuh kembali. Hal ini bukan tanpa alasan karena kurma sendiri mempunyai kandungan berupa sera, protein, zat besi serta vitamin B6 yang cukup tinggi.

  1. Gandum

Pasien kurang darah biasanya juga akan disarankan untuk mengkonsumsi gandum. Kandungan gandung berupa mineral tembaga yang cukup tinggi ternyata sangat bagus untuk mencegah anemia yang anda derita.

  1. Tomat dan wortel

Selain itu, ada juga tomat dan wortel yang bisa menjadi sumber vitamin A nabati yang mampu memaksimalkan penyerapan zat besi yang terdapat pada tubuh anda. Biasanya para penderita kurang darah juga akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan ini.

Kurang darah memang tidak boleh anda anggap remeh begitu saja. Hal ini tidak lain karena kurang darah akan mengganggu aktivitas anda. Demikian makanan penambah darah.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *