Langkah Mencuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona Pada Anak

Langkah Mencuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona Pada Anak

Virus corona menjadi musuh manusia di seluruh saat ini, lantaran bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan jiwa siapa saja. Tak terkecuali juga pada anak-anak dengan jenis kelamin dan tingkatan usia apapun. Bagi yang memiliki anak kecil di rumah, tentunya rasa khawatir akan keselamatan putra-putrinya sangatlah dominan. Karena daya tahan tubuh anak kecil sangat berbeda jauh dengan orang dewasa, sehingga dikhawatirkan mudah terinfeksi virus berbahaya ini.

Agar terhindar dari penyebaran coronavirus, menjaga daya tahan tubuh dan rajin mencuci tangan perlu diterapkan pada si kecil setiap harinya. Anda perlu mengedukasi pentingnya cuci tangan dan cara penerapannya yang benar agar anak mau melakukan kegiatan ini dengan tepat. Anda bisa mengajarkan beberapa langkah mencuci tangan dengan benar berikut ini:

1. Basahi kedua tangan dan beri sabun secukupnya.

Dalam mencuci tangan, anak perlu tahu kapan saja waktu yang tepat dalam melakukannya. Sehingga Anda bisa mulai menerapkan rajin mencuci tangan pada anak sebelum atau setelah melakukan kegiatan tertentu, seperti sebelum dan setelah makan, setelah bermain dengan mainan yang dimiliki, setelah batuk dan bersin, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh binatang kesayangannya, dll. Bagi Anda selaku orang tua pun juga perlu sering-sering mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan, seperti:

  • Sebelum dan setelah menyiapkan makanan.
  • Sebelum dan setelah makan.
  • Sebelum dan setelah mengobati luka.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah batuk dan bersin.
  • Setelah menyentuh binatang, kotoran hewan, dll.
  • Setelah selesai membuang sampah.
  • Setelah mengganti popok atau kegiatan anak di toilet, dlsb.

Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat harus melakukan cuci tangan, maka selanjutnya Anda bisa memulai langkah pertama mencuci tangan yang benar. Yaitu dengan membasahi tangan terlebih dahulu dengan air bersih mengalir untuk kemudian membubuhkan sabun.

2. Menggosokkan sabun pada kedua telapak tangan.

Sabun dinilai lebih efektif dalam mengangkat kotoran dan kuman yang menempel di kulit dibandingkan dengan menggunakan air saja ketika mencuci tangan. Pastikan bagian kedua telapak tangan terkena sabun terlebih dahulu setelah tadi sudah selesai membasahinya dengan air dan menuangkan sabun.

3. Menggosokkan sabun pada punggung tangan secara merata.

Bagian tangan selanjutnya yang perlu di gosok dengan sabun secara merata adalah bagian punggung tangan. Hal ini bertujuan agar virus corona maupun kuman yang mungkin menempel pada punggung tangan bisa dibersihkan. Karena memang bagian punggung tangan tergolong cukup sering sebagai tempat kuman maupun kotoran menempel.

4. Gosok kedua tangan hingga ke sela-sela jari.

Selanjutnya Anda perlu memastikan sela-sela jari juga sudah di gosok dengan sabun secara merata, baik tangan kanan maupun kiri.

5. Gosok punggung jari-jari tangan secara sempurna.

Jari-jari tangan merupakan bagian yang cukup sering digunakan ketika menyentuh benda-benda sekitar.

6. Gosok pada bagian ujung jari tangan.

Langkah terakhir, pastikan ujung jari tangan juga ikut terkena sabun ketika mencuci tangan. Bagian ujung jari tangan terutama yang tertutup kuku memungkinkan untuk kuman, kotoran, maupun virus bersembunyi, sehingga juga perlu dibersihkan dengan baik.

Nah, itu tadi beberapa langkah mencuci tangan yang benar dan bisa Anda ajarkan pada anak-anak agar dilakukan setiap harinya. Mengingat virus corona bukanlah virus yang bisa dianggap remeh, sebagai orang tua yang bijak sebaiknya mencari info terkait virus ini setiap saat agar bisa menghindarkan si kecil dan keluarga tercinta dari paparannya. Anda bisa berkunjung ke situs atau aplikasi Halodoc dalam hal ini karena sudah terpercaya dalam layanan informasi maupun kesehatan online-nya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *