Mulailah Untuk Melatih Kemampuan Sosial untuk Perkembangan Anak Usia 4 Tahun

Mulailah Untuk Melatih Kemampuan Sosial untuk Perkembangan Anak Usia 4 Tahun

Usia empat tahun adalah masa di mana anak akan banyak mengalami transisi. Kemampuan fisik dan motoriknya akan berkembang dengan sangat pesat. Termasuk juga untuk perkembangan sosial dan psikologisnya. Maka Anda sebagai orangtua sangat perlu memberikan stimulasi untuk membantu anak mengembangkan kemampuan sosial dan psikologi. Berikut ini kemampuan sosial yang perlu dilatih untuk perkembangan anak usia 4 tahun.

1. Bisa menjelaskan tentang data diri pribadi selain namanya sendiri

Bisa menyebutkan nama anak dengan lengkap, tidak hanya nama pendek adalah kemampuan sosial yang perlu dimiliki oleh anak usia empat tahun. Selain nama, mereka juga wajib tahu jenis kelamin, umur, alamat, serta nomor telepon sehingga bisa membantu apabila mereka terpisah dari orangtua.

Ajarkan anak juga untuk mulai beradaptasi dengan lingkungan di luar keluarga. Anda harus terus memberi contoh perilaku yang baik. Seperti mengucapkan ‘maaf’, ‘permisi’, ‘tolong’, ‘terima kasih’. Perbanyaklah melakukan aktivitas yang bisa membuat anak bertemu banyak orang.

2. Melatih anak untuk percaya diri dan berkomunikasi dengan orang lain

Kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk masa depan sang anak. Ada banyak sekali contoh orang sukses karena mereka mempunyai rasa percaya diri tinggi untuk berkomunikasi dengan orang lain. Nah, Anda para orangtua bisa melatih kemampuan berkomunikasi sejak usia 4 tahun. Yakni dengan cara mengajarkan anak untuk berani menyapa atau berinteraksi dengan orang lain. Selain orang tua dan anggota keluarga di rumah.

Supaya anak memiliki rasa percaya diri, ibu bisa sering mengajak anak untuk bermain di luar rumah atau bertemu dengan saudara. Berikan contoh kepada anak dengan mulai dulu menyapa dan memperkenalkan anak.

3. Memiliki kemampuan untuk berani mengekspresikan emosi

Kemampuan anak untuk bisa mengungkapkan emosi yang dirasakan juga perlu untuk perkembangan sosialnya. Anak usia empat tahun harus dilatih agar bisa mampu mengekspresikan rasa kesal, sedih dan marah. Sehingga anak tidak menjadi pribadi yang tertutup. Tetapi, sebaliknya jika anak dapat menyampaikan emosi yang dirasakan, ini adalah bentuk komunikasi terbuka kepada orangtua.

Jika anak mengungkapkan marah dengan teriak, Anda bisa memberikan waktu hingga anak tenang. Kemudian tanyakan kepada anak apa yang menyebabkan ia marah. Dengan demikian anak akan merasa mendapatkan perhatian. Ibu juga bisa mengarahkan anak untuk mampu meluapkan emosi agar anak tidak menjadi tantrum.

4. Biarkan anak belajar mandiri dengan melalui kegiatan di rumah

Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh anak usia 4 tahun adalah kemandirian. Anak-anak harus belajar mengenai bagaimana caranya mengurus diri mereka sendiri. Anda bisa mengajarkan melalui kegiatan di rumah. Seperti ketika makan, latih anak bagaimana memakai garpu dan sendok, serta menuang air ke dalam gelas. Kemampuan lain yang tidak kalah penting adalah kebersihan diri.

Untuk anak perempuan harus diajarkan dalam membasuh kemaluan dari bagian depan ke belakang. Sedangkan untuk anak laki-laki belajar untuk mencuci tangan setelah buang air kecil. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mulai mengajarkan toilet training di rumah.

5. Mengajak anak bermain dengan teman supaya belajar bersosialisasi

Jika di usia 4 tahun, anak belum sekolah, maka ibu harus aktif untuk mengajarkan anak bersosialisasi. Ajak anak untuk sesekali ikut kelas bermain. Kelas ini biasanya hanya dilakukan di akhir pekan bersama dengan orangtua atau gym class. Dengan begitu anak akan banyak bertemu dengan teman sebayanya dan belajar untuk berbagi mainan, mengantri dan memperkenalkan diri.

Tapi jika anak tidak mau ikut kelas, maka sering-seringlah mengajak anak bermain dengan sepupu atau anak sebayanya. Sediakan buku-buku anak dengan aktivitas menarik, seperti menggambar atau mewarnai. Jangan lupa juga sediakan mainan.

Kemampuan sosial anak akan sangat berguna untuk mereka ketika besar nanti. Jadi, jangan tunda untuk melatih nya ya!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *